ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP MATERI DONGENG DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING

Authors

  • Lia Septiani STKIP Syekh Manshur
  • Sifa Fauziah STKIP Syekh Manshur
  • Dinatul Husna STKIP Syekh Manshur
  • Seviyanti STKIP Syekh Manshur
  • Aldi Alfarizi STKIP Syekh Manshur
  • Yeni Sulaeman STKIP Syekh Manshur

Keywords:

Bahasa Indonesia, Dongeng, Role Playing

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan metode pembelajaran role playing materi dongeng. Penelitian ini menggunakaan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, memberikan kuisioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti meliputi, reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Adapun hasil yang diperoleh melalui pengisian kuisoner oleh siswa yaitu dari 27 siswa terdapat 18 siswa yang menjawab “Ya” dengan presentase 66,66%, dan 9 siswa yang menjawab “Kadang-kadang” denfgan presentase 33,33%. Selain itu hasil wawancara terhadap guru menunjukan bahwa penggunaan metode role playing mampu minat belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi dongeng. 

References

Muhammadiyah, U., & Hamka, P. (2022). Jurnal basicedu. 6(4), 7327–7333.

Rusli, M. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48-60.

Sari, M. P., & Iba, K. (2023). Analisis Perbedaan Penggunaan Media Video Animasi dengan Buku Cerita Bergambar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Dongeng Pada Siswa Kelas IV. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 111–118.

Setiawan, M. A., & Maziyah, L. (2024). Penggunaan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Kemahiran Membaca Siswa Kelas XI. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.17977/um064v4i12024p26-40

Suhariyanti, S., Rahmah, S. A., & Nasution, S. (2021). Pemanfaatan Aplikasi WPS dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Dongeng Bermuatan Bahasa Inggris di Era New Normal. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 176. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3076

Youpika, F. (2021). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Untuk Materi Dongeng Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jpi), 1(1), 56–64. https://www.siducat.org/index.php/jpi/article/view/264

Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 97–102. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.173

Downloads

Published

2025-06-07