ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA

Authors

  • Mia Rismawati STKIP Syekh Manshur
  • Filda Halimatuzzahroh STKIP Syekh Manshur
  • Sindiyani STKIP Syekh Manshur
  • Juwita Sari STKIP Syekh Manshur
  • Desti Sri Hafit Intani STKIP Syekh Manshur
  • Yeni Sulaeman STKIP Syekh Manshur

Keywords:

Flash Card, Berbicara, SDN Kaduengang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media flash card pembelajaran berbicara dalam bahasa indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan atau metode Kualitatif Deskriptif, dengan mengikuti tahapan-tahapan sebagai berikut : 1) Perancangan penelitian 2) Sampel  3) Teknik mengumpulkan data dan analisis data. Perolehan hasil melalui pengisian kuisioner oleh siswa, yaitu dari 38 siswa terdapat 18 siswa dengan persentase 48% dalam kategori “Selalu”. 17 siswa dengan persentase 42% dalam kategori “kadang-kadang” dan  12 siswa dengan persentase 10% dalam kategori “tidak pernah”. Selain itu, hasil wawancara terhadap guru menunjukan bahwa penggunaan metode ini  mampu meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia, melatih keterampilan berbicara siswa, serta mendukung siswa untuk lebih berani  berbicara didepan kelas, seacara umum berani bisa berbicara di depan publik.

References

Anantasmara, R. S. W. I., & Muwakhidah, M. (2022). Pengembangan Instrumen Perencanaan Karir Dalam Bentuk Flashcard Untuk Siswa Smp. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konsleing 2022 PD ABKIN Jatim & UNIPA SBY, 1984, 157–165.

Angreany, F., & Saud, S. (2022). Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 9 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2), 138–146. https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4410

Astuti, E. B., & Wahyuni, M. (2024). Pengaruh Media Flash Card Terhadap Hafalan dan Pelafalan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar The Influence of Flash Card Media on Vocabulary Retention and Pronunciation of English Vocabulary for Elementary School Students . November, 7467–7480.

Huda, A. N., Az-zahra, M., & Rachman, I. F. (2024). Pengaruh Diglossia Terhadap Pendidikan : Peran Diglosia Terhadap Keberhasilan Pembelajaran Bahasa Indonesia. 4(1), 18–32.

Husnul, K., Media, P., Card, F., Pembelajaran, P., & Indonesia, B. (2024). Flash Card Media Development in Grade 1 Indonesian Language Learning at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember. 1(2), 62–69.

Prasetyo, A. B., Kurnianti, E. M., & HASANAH, U. (2024). Analisis Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 4(2), 118–127. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v4i2.2914

Riadoh Riadoh, & Larasati Larasati. (2024). Penggunaan Media Flash Card dalam Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(4), 167–180. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i4.815

Setiawaty, R. (2024). Eksplorasi Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara di SD 2 Kesambi Kudus. 4(3), 474–485.

Suyahman. (2023). Pentingnya Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Tingkat Pendidikan Dasar Sd Dan Smp Terintegrasi Dengan Pelajaran Lain (Fenomena Yang Terjadi Di Sekeliling Siswa). 3–11.

Wulandari, O. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. 1(4), 132–143.

Yulianti, P., Ilham, Bafadal, M. F., Rahmaniah, R., Ismail, H., & Hudri, M. (2024). Pengaruh Meningkatnya Keterampilan Berbicara dalam Platform Digital dan Pembelajaran diruang Kelas. Seminar Nasional Paedagoria,4,72–84.

Downloads

Published

2025-06-07