MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI

Authors

  • Shindi Aulia, Reni Suwenti, Tatu Maesaroh, Yeni Sulaeman STKIP Syekh Manshur

Keywords:

Hasil Belajar, Metode Demonstrasi, Bagian Tubuh Tumbuhan, IPAS, SDN Jalupangmulya 1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) materi bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya dengan menggunakan metode demonstrasi di kelas IV SDN 1 Jalupangmulya, Banten. Metode demonstrasi dipilih karena mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih konkret dan interaktif, meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 23 siswa kelas IV, dan instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, tes hasil belajar, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, dengan nilai rata-rata hasil belajar meningkat dari siklus I (67,56), siklus II (71,39), hingga siklus III (77,91). Observasi juga menunjukkan peningkatan partisipasi siswa. Penelitian ini menyarankan agar guru terus mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan interaktif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

References

Arini, D. A., & Gianistika, C. (2023). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Tentang Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan. Jurnal Primary Edu, 1(2), 224-23.

Bibin Syahrudin, muhammad (2020). Pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar serta implikasinya terhadap hasil belajar (Survey pada Peserta Didik Kelas X IPS Mata Pelajaran Ekonomi SMAN 1 Leuwiliang Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2019/2020) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Chabibah, N., Kusmayati, E., & Unayah, U. (2020). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan. Jurnal Tahsinia, 1(2), 199-208.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468.

Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321-334.

Ikhwan, A., Febriansyah, F. I., & Syam, A. R. (2022). Metode Demonstrasi dalam Peningkatan Motivasi Belajar Tilawatil Qur’an. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(2), 100-110.

Krisnayanti, I. G. A. A. H., & Wijaya, S. (2022). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD Mata Pelajaran Science Sekolah XYZ. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2).

Lantowa, H. D., Buhungo, T. J., Odja, A. H., & Arbie, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Aplikasi Zoom Pada Materi Fluida Statis Terhadap Hasil Belajar. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 8(1), 21-27.

Mansyur, M. (2021). PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SEMESTER GANJIL SDN 2 SEPUNGGUR. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 1(1), 742-751.

Mudhori, B. (2019). Penerapan Metode Demonstrasi dalam Menumbuhkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Fiqih Kelas X SMA Muhammadiyah 08 Cerme (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).

Nasution, A. F., & hasanah Lubis, L. (2023). Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar di MIS Perdamean Sigambal Kabupaten Labuhanbatu. Qalam lil Mubtadiin, 1(1).

Novitalia, R. (2022). Kegiatan Pembelajaran Literasi Membaca Dan Menulis Pada Anak Oleh Orang Tua Pada Masa Belajar Dari RumaH (BDR) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Parnawi, A., Mujrimin, B., Sari, Y. F. W., & Ramadhan, B. W. (2023). Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Kemampuan Praktek Salat Siswa Kelas IV di SD Al-Azhar 1 Kota Batam. Journal on Education, 5(2), 4603-4611.

Pratama, B. S. (2019). Pelaksanaan Metode Demonstrasi Pada Pelatihan" Kreativitas Menjahit" di UKM Kota Padang Provinsi Sumatra Barat (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Suprihatin, S., & Manik, Y. M. (2020). Guru menginovasi bahan ajar sebagai langkah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Promosi Program Studi Pendidikan Ekonomi, 8(1).

Siregar, R. U. (2020). Analisis Pemahaman Siswa dalam Mempelajari IPA pada Materi Siklus Air di Kelas V SD Negeri 065015 Medan Tuntungan Ta 2019/2020 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS QUALITY).

Sy. Rohana, S. R. (2019). EFEKTIFITAS METODE DEMONTRASI DALAM PEMBELAJARAN FIQIH. AT-TA’DIB: JURNAL ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 11(1), 1-12.

Siniakon, R., Mintjelungan, M. M., & Mewengkang, A. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Jaringan Wan Siswa Kelas SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(4), 342-349.

Suharti, D. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Xi Smk Negeri 1 Balikpapan Tahun Pelajaran 2019/2020 (Studi Penelitian Tindakan Kelas dalam Upaya Peningkatan Pemahaman dan Keterampilan pada Tata Cara Penyelenggaraan Jenazah). PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 44-91.

Tethool, G., Paat, W. R. L., & Wonggo, D. (2021). Penerapan model pembelajaran blended learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 268-275.

Tirta, B. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Kecerdasan Logis Matematis. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(2), 298-307.

Trisnawati, P. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SDN 067 Nilem Kota Bandung (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Downloads

Published

2024-12-30