ANALISIS PERAN GURU KELAS DALAM IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR SUKASARI 2

Authors

  • Khusnul Khotimah STKIP SYEKH MANSHUR
  • Siti Alya
  • Neng Dhea Pebrianti
  • Tatu Maesaroh

Keywords:

Guru kelas, Bimbingan dan konseling, Sekolah dasar, Implementasi, Layanan pembelajaran

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan peran bimbingan dan konseling (BK) di SDN Sukasari 2, sebuah sekolah dasar yang tidak memiliki guru BK khusus. Meskipun demikian, SDN Sukasari 2 berupaya maksimal menjalankan fungsi BK melalui guru kelas, khususnya dalam layanan pembelajaran yang mencakup pengembangan sikap, kebiasaan, dan keterampilan belajar siswa. Sekolah ini juga sedang merintis pendidikan inklusif sebagai bentuk dukungan terhadap anak berkebutuhan khusus. Untuk meningkatkan kompetensi guru kelas dalam menjalankan peran BK, sekolah mengadakan Komunitas Belajar (KOMBEL) mingguan sebagai wadah diskusi dan berbagi praktik baik. Kendala utama yang dihadapi adalah keterbatasan guru dan pemahaman yang beragam mengenai BK dan inklusi. Namun, didukung oleh manajemen sekolah, upaya kolaboratif dan pencarian referensi terus dilakukan. Kepala sekolah SDN Sukasari 2 menegaskan bahwa kehadiran guru BK profesional di sekolah dasar sangat krusial untuk spesialisasi, fokus guru kelas, penanganan kasus kompleks, dan pengembangan program sistematis. Namun, implementasinya terkendala belum adanya kebijakan resmi pemerintah. Penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan observasi, wawancara, dan studi pustaka, dilaksanakan di SD Sukasari 2 pada 24 Mei 2025.

References

Amalia, F. (2018). Bimbingan Keagamaan Dalam Upaya Mengatasi Perilaku Bullying Anak Di Panti Asuhan Surya Mandiri Way Halim Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung)

Futri, I. C., Rini, R. M., Hidayati, Y., Dianka, V. L., & Putri, A. S. (2023). Peran Bimbingan dan Konseling Dalam Pendidikan Serta Implementasi Bimbingan dan Konseling Di SDN 32 Kota Bengkulu. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 4(3), 368-380.

Guidance, C. (2021). Kinerja Guru Bk Dalam Melaksanakan Program BK Layanan Bimbingan Karir Di SMA. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 5(01).

Herdayati, S. P., Pd, S., & Syahrial, S. T. (2019). Desain Penelitian Dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian. ISSN 2502-3632 ISSN 2356-0304 J. Online Int. Nas. Vol. 7 No. 1, Januari–Juni 2019 Univ. 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689-1699.

Inayah, I., & Puryandani, S. (2022). Pengaruh Dukungan Keluarga, Urgensi Komunikasi Dan Literasi Teknologi Terhadap Efektifitas Dan Preferensi Work From Home (Studi pada Pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal). Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 180–190.

Lesmana, G. (2021). Penyusunan perangkat pelayanan bimbingan dan konseling. Prenada Media. lutfiyatul Jamilah, I., & Rofiqoh, N. I. (2023). Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Implementasi Manajemen Bimbingan dan Konseling.

NURHAYATI, S. MANAJEMEN PROGRAM KELAS UNGGULAN MAN 2 CILACAP.

Salies, L. A. (n.d.). Manajemen Pelatihan Guru SDI Al Azhar 19 Sentra Primer Jakarta. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Iffah, J. D. N., Widiatsih, A., Utomo, E. S., Maghfur, I., & Sofiyana, M. S. (2022). Metode penelitian kualitatif. Unisma Press.

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai konselor dalam mengatasi masalah belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 79.

Downloads

Published

2025-06-07