STRATEGI PENDIDIK DALAM MENANGANI KASUS BULLYING DI SDN MANDALASARI 1

Authors

  • Bunga Pujiarani STKIP Syekh Manshur
  • Ratu Maria Ulfah STKIP Syekh Manshur
  • Iin Rahmawati STKIP Syekh Manshur
  • Tatu Maesaroh STKIP Syekh Manshur

Keywords:

SD Mandalasari 1, Peran Guru2, Bullying

Abstract

Penelitian dilatar belakangi dengan banyaknya kasus bullying yang ada di indonesia khususnya di dunia pendidikan dan berdampak negatif pada perkembangan emosional, sosial, serta prestasi akademik seorang siswa. Untuk itu guru memeiliki peran penting dalam mencegah dan menangani tindakan bullying di sekolah. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang bersumber dari pihak sekolah di SDN Mandalasari 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apa saja strategi yang di gunakan guru dalam menangani kasus bullying di sekolah dasar.

References

Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi guru dalam mengatasi perilaku bullying siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566-4573.

Sulaeka, B., & Susanto, R. (2023). Peran dan strategi guru dalam penanaman nilai toleransi sebagai upaya meminimalisir terjadinya bullying antar sesama siswa di sekolah dasar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 8(1), 137-143.

Setiowati, A., & Dwiningrum, S. I. A. (2020). Strategi layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar untuk mengatasi perilaku bullying. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2).

Rizqi, S. A., Salsabila, S., Hafiansyah, M. B., & Rosyidi, M. (2024). Strategi Islam dalam pencegahan bullying anak-anak sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 15-15.A

Downloads

Published

2025-06-07