PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Dina Palentina, Usep Saepul Mustakim, Yeni Sulaeman, Rifki Arif Nugraha STKIP Syekh Manshur

Keywords:

Model Project Based Learning IPA

Abstract

Artikel ini berfokus pada peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan Model Project Based Learning pada kelas IV SDN Kotadukuh 2 Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini penelitian tindakan kelas (PTK). Tahapan penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus yang diawali denga pra siklus terlebih dahulu dan masing-masing siklus terdapat 2 kali pertumuan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pada pra siklus hanya mendapatkan nilai rata-rata 22,22% dan pada siklus I ada peningkatan menjadi 55,55%, pada siklus II mencapai nilai rata-rata 88,88%. Hasil penelitian tindakan kelas menyimpulkan bahwa menggunakan Model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV di SDN Kotadukuh 2.

References

Abdilah, M., & Hamid, I. (2023). Petani Menolak Kalah: Adaptasi Petani Terhadap Perubahan Iklim di Desa Mahang Sungai Hanyar Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Huma: Jurnal Sosiologi, 2(1), 62-72.

Dinda, N. U., & Sukma, E. (2021). Analisis langkah-langkah model project based learning (PjBL) pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar menurut pandangan para ahli (Studi Literatur). Journal of Basic Education Studies, 4(2), 44-62.

Maesaroh, S. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 3(2), 84-99.

Martati, B. (2022). Penerapan Project Based Learning Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Proceeding Umsurabaya, 1(1).

Nugraha, I. R. R., Supriadi, U., & Firmansyah, M.I. (2023). Efektivitas Strategi Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(1), 39-47.

Putri, Y., Nurhuda, A., & Huda, A. A. S. B. (2023). Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas: Sebuah Pengantar dalam Metode Penelitian Pendidikan. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 5(2), 9-16.

Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan project based learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 1879-1887.

Downloads

Published

2024-12-30