PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Keywords:
Model Project Based Learning IPAAbstract
Artikel ini berfokus pada peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan Model Project Based Learning pada kelas IV SDN Kotadukuh 2 Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini penelitian tindakan kelas (PTK). Tahapan penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus yang diawali denga pra siklus terlebih dahulu dan masing-masing siklus terdapat 2 kali pertumuan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pada pra siklus hanya mendapatkan nilai rata-rata 22,22% dan pada siklus I ada peningkatan menjadi 55,55%, pada siklus II mencapai nilai rata-rata 88,88%. Hasil penelitian tindakan kelas menyimpulkan bahwa menggunakan Model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV di SDN Kotadukuh 2.
References
Abdilah, M., & Hamid, I. (2023). Petani Menolak Kalah: Adaptasi Petani Terhadap Perubahan Iklim di Desa Mahang Sungai Hanyar Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Huma: Jurnal Sosiologi, 2(1), 62-72.
Dinda, N. U., & Sukma, E. (2021). Analisis langkah-langkah model project based learning (PjBL) pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar menurut pandangan para ahli (Studi Literatur). Journal of Basic Education Studies, 4(2), 44-62.
Maesaroh, S. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 3(2), 84-99.
Martati, B. (2022). Penerapan Project Based Learning Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Proceeding Umsurabaya, 1(1).
Nugraha, I. R. R., Supriadi, U., & Firmansyah, M.I. (2023). Efektivitas Strategi Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(1), 39-47.
Putri, Y., Nurhuda, A., & Huda, A. A. S. B. (2023). Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas: Sebuah Pengantar dalam Metode Penelitian Pendidikan. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 5(2), 9-16.
Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan project based learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 1879-1887.

