IMPROVING CHILDREN'S SERI SKILLS THROUGH LOOSE PARTS MEDIA

Authors

  • Rohilah Wati, Nandang Faturohman, Anggi Rahmani Universitas Setia Budhi Rangkasbitung

Keywords:

Seriation, Loose Parts Media, AUD

Abstract

The purpose of this study is to describe the ability of serialization through loose parts media in group B children at PAUD Nurul Ulum Lebak Wangi. The subjects studied were 12 children of group B of PAUD Nurul Ulum Lebak Wangi. The data collection technique uses observation and documentation. The results of this study showed that the average value of the seriation ability in the pre-cycle was 44.79%, in the first cycle the development rate obtained a percentage of 51.04%. and in the second cycle it increased to 93.22%. Based on the description above, it can be concluded that there is an increase in the ability of serialization through loose parts media in group B in Lebak wangi, Serang Regency - Banten.

References

Alfiliya, F. (2023). Penggunaan Media Loose Parts Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Tk Tarbiyatul Athfal 04 Kaliwungu Selatan, Tahun Ajaran 2022/2023. (skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Walisongo : Semarang). Diaksesdari:https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21066/1/1903106034_Fian%20Alfiliya_Lengkap.pdf

Afriani, N, R. (2017) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Ukuran Melalui Permainan Mengisi Air Dalam Botol. (Skripsi, FKIP Nusantara PGRI: Kediri). Diakses dari http://simki.unpkediri.ac.id

Andriani, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Seriasi Melalui Penggunaan Pink Tower Pada Murid Autis Kelas Ii Di Slb Arnadya Makassar. (Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar:

Arief, S., Sadiman, R., Haryono, A. R., & Rahardjito. (2006). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Asnawir & Basyiruiddin Usman. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers

Ashihah, G. R., Sriyanto, M. I., & Dewi, N. K. (2020). Meningkatkan Kemampuan Seriasi Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Papan Flanel. Jurnal Kumara Cendekia. Vol 8 No 4, 394

Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo. Beaty, J. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Depdiknas. (2014). Permendiknas Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Haughey, S. (2017). Loose Parts: A Start-Up Guide. Fairy Dust Teaching.

Komara, W. H, & Rohmalina. (2023). Media Pembelajaran Loose Parts Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif). 6 (5), 495-496.

Maulana, N., & Handayani, T. A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Usia Dini Dalam Mengenal Konsep Ukuran Melalui Metode Outdoor Learning Di TK Negeri Pagar Merbau Kelompok B T.A 2021/2022. Journal Educational Research and Social Studies, 3 (4), 51-53. http://pusdikra-publishing.com/index.php/jrss

Mulyani Sumantri & Johar Permana. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Nana Sudjana & Ahmad Rivai. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru. Oemar Hamalik. (1986). Media Pendidikan. Bandung: Penerbit Alumni.

Piaget, J. & Inhelder, B. (2016). Psikologi anak. (Alih Bahasa: Miftahul Jannah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putri, E. D. (2018). Penerapan Bermain Besar Dan Kecil Untuk Meningkatkan Konsep Pengukuran Pada Anak Di Paud Bukit Pujan Padang Ganting. (Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri: Batusangkar).

Rahlini. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengurutkan Benda Dari Ukuran Terkecil Ke Terbesar Dengan Media Gambar Di Kelompok A TK Dewi Sartika Kecamatan Pandawan. Sagacious Jurnal Pendidikan dan Sosial. 4 (2), 23-25.

Siantajani, Y. (2020). Loose Parts Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD. Semarang: Sarang Seratus Aksara.

Smith, S.S. (2009). Early Childhood Mathematics. Boston: Pearson Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sujiono,Y.N. (2014). Metode Pengembangan Kognitif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sungkono. (2007). Peran Benda Asli (Real Object) dan Pemanfaatannya dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Majalah Ilmiah Pembelajaran (Nomor 1, Vol 3). KTP FIP UNY.

Susanti, D. (2022). Meningkatkan Kemampuan Kognitif pada Kegiatan Bermain Mengelompokkan Benda Melalui Media Losse Part Saat di Rumah Saja. Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 1 (1), 50-62.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Tomic, W. & Kingma, J. (1997). The Relationship Between Seriation and Number Line

Comprehension: A Validation Study. Curriculum and Teaching, Volume 12 No.2.

Widayanti, D.M. (2016). Peningkatan Kemampuan Seriasi Ukuran Melalui Penggunaan Media Benda Konkret Pada Kelompok A Tk Ambar Asri Gamping Sleman. (Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri: Yogyakarta).

Yuliani Nurani Sujiono. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks Permata Puri Media.

Downloads

Published

2024-12-30