MENINGKATKAN NILAI AGAMA DAN MORAL DENGAN METODE PENGHAFALAN HADITS-HADITS (5-6 TAHUN) DI PAUD INSAN TAQWA
Keywords:
Moral Nilai Hadits-haditsAbstract
Perkembangan nilai-nilai moral dan agama dengan meotde penghafalan haditshadits adalah kemampuan bersikap, bertingkah laku dan bertindak. Dalam penanaman nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini perlu adanya beberapa metode penghafalan hadits-hadits. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penanaman nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini di PAUD Insan Taqwa Desa Blokang Kecamatan Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang melibatkan seorang guru di kelas B1. Data yang dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan cara reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai moral dan agama anak usia dini di PAUD Insan Taqwa Desa Blokang Kecamatan Bandungyaitu. Pemberian metode tersebut adalah kegiatan yang dilakukan dengan memberi contoh yang baik terhadap anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan berbagai macam metode tersebut dalam mengembangkan penanaman nilai-nilai moral dan agama anak usia di PAUD Insan Taqwa Desa Blokang Kecamatan Bandung, bercerita tentang keutamaan sholat, doa-doa sesudah sholat, doa untuk kedua orang tu, anak mampu mengenal apa saja ciptaan Allah SWT. Dan sebagainya. Ada beberapa metode yang dapat mengembangkan penanaman nilai-nilai moral dan agama adalah metode bercerita, metode karyawisata, metode demonstrasi, metode pemberian tugas, metode pembiasaan, dan metode bercakap-cakap.
References
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional: UU No.20 Tahun 2003.
Al-Hifnawi, Muhammad Ibrahim. (2015). Fikih Salat Bimbingan Menuju Shalat Yang Sempurna. Jakarta: AKademika Pressindo.
Aqib, Zainal. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta.
Arikunton. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.
Chapnick, Adam. (2008). The golden age. International Journal, 64(1), 205–221.
Khalid, Abu. (2013). Tuntunan Shalat Untuk Anak dan Juz Amma Disertai Doa Pilihan. surabaya: Karya Agung.
Mariati, Siti. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghafal Hadits dengan Model SAVI Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas III di MI Darun Najah Tulangan Sidoarjo. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam, 07(01), 27–88.
Mashud, Imam. (2019). Meningkatkan Kemampuan Dalam Setoran Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Pada Siswa Kelas Vib Sekolah Dasar Islam Yakmi Tahun 2018. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 347–358.
Mulyadi, Yohanes Berkhmas. (2019). Peran Guru Dan Orangtua Membangun Nilai Moral Dan Agama Sebagai Optimalisasitumbuh Kembang Anak Usia Dini. DUNIA ANAK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 70–78.
Rangkuti, Ahmad Nizar. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan. Medan: Perdana Mulya Sarana.
Rasijid, Sulaiman. (1994). Fiqih Islam. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo.
Rizqina, Aulia Laily, & Suratman, Bayu. (2022). Peran Pendidik Dalam Menanamkan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Universita Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sujono, Yuliani Nurani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT indeks.
Susianti, Cucu. (2016). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini. Universitas Pendidikan Indonesia.
Yus, Anita. (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.

