MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING
Keywords:
Hasil Belajar, Metode Role PlayingAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran metode role playing terhadap pembelajaran drama. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode PTK. Dengan tindakan yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdapat dua kali pertemuan, dan tiap siklus terdiri dari perencanaan, Pelaksanaan, Tindakan, observasi, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negri 1 Jalupangmulya. Tehnik pengumpulan data diperoleh dari hasil pre test dan post test serta lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode role playing merupakan salah satu metode yang dapat diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Dengan menggunakan metode role playing maka keterampilan menulis teks drama dan berdrama siswa kelas V SD Negeri 1 Jalupangmulya dapat meningkat hal tersebut dapat dilihat dari ketercapaian nilai KKM siswa dan prosentase yang mengalami peningkatan dari siklus I 56,25% , siklus II 68,75% dan siklus III 100% , jadi peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode role playing adalah sebesar 35%
References
Mayuni, S., Hendracipta, N., & Ahmad, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Pada Materi Upaya Pelestarian Lingkungan Untuk Peserta Didik di SDN Pagintungan. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 7(2), 147-154.
Firlani, R. I., Erviana, L., & Al Fath, A. M. (2024). Penggunaan Media Gambar Poster Sebagai Alternatif Untuk Perkembangan Psikomotorik Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sdn Ngadirejan Tahun Ajaran 2022/2023 (Doctoral dissertation, STKIP PGRI Pacitan).
Herliana, S., & Anugraheni, I. (2020). Pengembangan media pembelajaran kereta membaca berbasis kontekstual learning siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 314-326.
Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004-1015.
Akbar, A. A., & Tarman, T. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 40-48.
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 01-17.
Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589-5597.
Zuliani, R., Amalia, D., & Syaikhah, E. (2023). Peranan Media Gambar dalam Meningkatan Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas I. YASIN, 3(5), 980-992.
Adnyana, K. S., & Yudaparmita, G. N. A. (2023). Peningkatan Minat Belajar IPAS Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61-70.
Septriadi, T. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Di Sekolah Dasar (Penelitian Quasi Experiment di Kelas IV SDN Cimenyan 01 Bandung) (Doctoral Ibrahim, M. B., Sari, F. P., Kharisma, L. P. I., Kertati, I., Artawan, P., Sudipa, I. G. I., ... & Lolang, E. (2023). Metode Penelitian Berbagai Bidang Keilmuan (Panduan & Referensi). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Badriyah, H. (2023). Implementasi Akad Mudharabah Mutlaqah Pada Produk Tabungan Ib Hijrah Rencana Di Bank Muamalat Kcp Kuningan Perspektif Fatwa Dsn (Doctoral dissertation, S1-Perbankan Syariah).
Lamina, L., Rosyadi, A. A. P., & Lidiawati, R. (2023). Implementasi Pembelajaran Model Assure Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kurikulum Merdeka Peserta Didik Kelas I SDN Ngaglik 01 Batu. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4368-4384.
dissertation, FKIP UNPAS)
