MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA SD DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL
Keywords:
Hasil Belajar, Pendekatan CTLAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa untuk pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi sumber energi hasil belajar siswa masih sangat rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran materi sumber energi dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi Ssumber energi dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning di kelas III pada semester II tahun pelajaran 2023/2024 melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning, jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam II siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Metode analisis datanya adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan pendekatan Contextual Taeching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini terbukti dari hasil yang didapatkan pada awalnya mencapai nilai rata-rata 54,64 dengan presentase 35,71% pada siklus I mencapai nilai rata-rata 71,86 dengan presentase 50% dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 77,32 dengan presentase 89,28% . Berdasarkan hasil penelitian, bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sumber energi dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas III SDN Curuglanglang 1Kecamatan Munju Kabupaten Pandeglang Banten
References
Amalia, Galuh Rizki; Hardini, Agustina Tyas Asri. Efektivitas Model Problem Based Learning Berbasis Daring terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2020, 6.3: 424-431.
Anto, Ades Galih; MUSTAFIDAH, Hindayati; SUYADI, Aman. Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode SAW. JUITA: Jurnal Informatika, 2015, 3.4.
Fitriana, Fitriana; Dewi, Rosmala; Rusman, Rusman. Pengembangan Usaha Produktif Sulaman Benang Emas Pada Seuhap dan Payung Pengantin Khas Aceh di Gampong Lamgapang Aceh Besar. In: Prosiding Seminar Nasional Unimus. 2021.
Fellasufah, F., & Mustadi,A. (2019). Keterampilan menulis tegak bersambung mahasiswa calon guru sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(2), 60–65
Hulaimi, Ahmad. Strategi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam:(Pembelajaran Melalui Tindakan). Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 2019, 4.1: 76-92.
Hidayah, N. (2022). Penggunaan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Kelas II SDN 164 Pekanbaru. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(1), 40–46.
Hamdani, Muh. Meningkatkan Perkembangan Kognitif Melalui Bermain Kartu Angka. Jurnal Rinjani Pendidikan Anak Usia Dini, 2023, 1.2: 62-66
