MENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA SD DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI

Authors

  • Siti Aisah, Yeni Sulaeman, Ajeng Muliasari3 Omah Muqarromah STKIP Syekh Manshur

Keywords:

Pelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda Menggunakan Metode Demonstrasi

Abstract

Artikel ini berfokus pada Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas IV SDN Gunungbatu 1 Munjul Penelitian yang dipaparkan di artikel ini melibatkan siswa kelas lV SDN Gunungbatu 1 Munjul. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Hasil pengujian hipotesis menyimpulkan bahwa metode Demonstrasi dapat Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda Menggunakan metode Demonstrasi di kelas IV SDN Gunungbatu 1 Munjul. Penggunaan metode demonstrasi menjadi alternative yang efektif dalam pembelajaran IPA pada mata pelajaran IPA kelas atas dan metode ini dapat diterapkan dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas rendah Sekolah Dasar.

References

Cecep, C., Waskita, D. T., & Sabilah, N. (2022). Upaya meningkatkan konsentrasi belajar anak usia dini melalui metode demonstrasi. Jurnal Tahsinia, 3(1), 63-70

Harefa, M., Harefa, J. E., Harefa, A., & Harefa, H.O. (2023). Kajian Analisis Pendekatan Teori Konstruktivisme Dalam Proses Belajar Mengajar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 289-297

Jelita, M., Ramadhan, L., Pratama, A. R., Yusri, F., & Yarni, L. (2023). Teori Belajar Behavioristik. Jurnal Pendidikan

Suharti, D. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Xi Smk Negeri 1 Balikpapan Tahun Pelajaran 2019/2020 (Studi Penelitian Tindakan Kelas dalam Upaya Peningkatan Pemahaman dan Keterampilan pada Tata Cara Penyelenggaraan Jenazah). PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas.

Downloads

Published

2024-12-30